Daftar Isi

Monday, February 17, 2014

ASMA PADA KEHAMILAN

1. Pengertian
    Asma merupakan gangguan pernafasan yang paling sering terjadi dengan insiden 3% dari populasi umum keadaan ini dapat mempersulit 0,4-1,3% dari seluruh kehamilan.
    Kehamilan tidak selalu mempengaruhi status asmatik maternal, beberapa wanita tidak mengalami perubahan gejala asma sementara beberapa wanita lainnya mengalami perburukan penyakit tersebut.
    Wanita yang mengalami asma berat dan mereka tidak dapat mengendalikan asmanya tampak mengalami peningkatan insiden hasil maternal dan janin yang buruk, termasuk kelahiran dan persalinan premature, penyakit hipertensi pada kehamilan, bayi terlalu kecil untuk usia gestasinya, abrupsio plasenta, korioamnionitis, dan seksio sesaria.

2. Penatalaksanaan
    A. Asuhan Antenatal
         Prinsip penatalaksanaan asma pada bumil tidak berbeda dengan penatalaksanaan asma pada wanita yang tidak hamil. Tetapi pada ibu hamil penatalaksanaannya ditambah dengan pemantauan janin.
         Penatalaksanaan yang tepat adalah dengan menggunakan Peak Expiratory Flow Rates (PEFR) untuk memantau tingkat resistensi pada jalan nafas yang disebabkan oleh inflamasi dan atau bronkospasme.
    B. Asuhan Intrapartum
        Peningkatan kortison dan adrenalin dari kelenjar adrenal selama persalinan dianggap dapat mencegah serangan asma selama persalinan. Terdapat obat tertentu yang harus dihindari selama kehamilan dan persalinan karena memiliki efek bronkospasme, obat tersebut adalah prostaglandin intravena, intraamniotik, dan transservikal. Ibu yang pernah menerima kortikosteroid selama kehamilan harus ditingkatkan dosisnya guna mengatasi stres persalinan, dan biasanya diberikan hidrokortison 100mg secara intramuskular setiap 6 jam dan selama 24 jam setelah kelahiran.
    C. Asuhan Pascanatal
        Ibu harus dianjurkan untuk menyusui, dapat melindungi bayi dari penyakit alergi tertentu. Tidak ada satupun obat asma yang disekresikan kedalam ASI dalam jumlah yang cukup untuk membahayakan neonatus. 

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar setelah membaca artikel ini!!!